Langsung ke konten utama

TABUNG TV RANG LUBUAK SARAI...

"jam enam pagi tadi ada yang datang gedor-gedor pintu rumahku..., setelah kubuka pintu ternyata ada seorang bapak-bapak setengah baya yang telah berdiri di depan pintu. ketika kutanya, ternyata bapak ini sangat butuh bantuanku.., sengaja beliau datang pagi-pagi agar bisa bertemu denganku..,. maklum biasanya kalau sudah siang aku jarang dirumah karena menjalankan profesiku sebagai tekhnisi panggilan dikantor-kantor dan perumahan. apalagi akhir-akhir ini aku melakukan kerjasama dengan showroom elektronik di sekitaran kota pariaman, hal ini agak menyita waktuku dan jarang berada di rumah
.
                         ternyata bapak ini ingin bantuanku untuk memperbaiki sebuah tv mithociba 21 inch. menurut beliau tv ini sudah di reparasi oleh tiga orang tekhnisi keliling yang sering memperbaiki tv warga di sekitar desanya. hasilnya??, tiga orangh tekhnisi elektronik itu berpendapat sama, tabung CRTnya sudah rusak dan tak bisa di perbaiki lagi selain diganti. dan apa yang dikatakan mereka tidak meleset, ketika kulakukan pengujian dengan multimeter, ternyata benar..,  pin 9 dan 8 pada CRT ini sudah konslet, akibatnya layar tv menjadi gelap, dan tak ada warna biru. tapi yang jadi pertanyaanku, kenapa tak diputus saja pin=9 pada tabung tv tersebut????, mustahil kalau seorang tekhnisi elektronik tak mengetahui itu.
                                       ok.., saya bukan mengajar atau menggurui...hanya sekedar berbagi pengalaman.. apabila anda menemui tv seperti punya bapak yang beralamat di LUBUK SARAI ini, (lubuk sarai adalah sebuah perkampungan kecil yang diapit oleh perkampungan "pincoran sonsang" dan "duku banyak- PAGUAH PACUAN KUDO"= Kecamatan. BALAH AIR, sungai sariak, pariaman).
                            
tv MITHOCIBA milik bapak ini adalah jenis tabung besar yang memiliki 9 pin ditambah fokus. kaki pin CRT dihitung searah jarum jam... lihat gambar dibawah ini untuk detilnya:








  
1.Gnd (bisa kosong)
2.Gnd.
3.KG (green)
4.G2 (screen)
5.KR (red)
6.Heater
7.Heater

8.KB (blue)
9.Gnd (bisa kosong)


                               
                                         memang tidak semua tabung tv yang sudahy konslet bisa di akalin untuk di perbaiki.., akan tetapi apabila pin 9 (ground), dan pin 8 (blue) yang konslet, kenapa tidak diputuskan saja pin 9??, karena masih ada dua lagi pin untuk ground (pin 1 dan 2).

                                                  maknyoooos..., tak cukup setengah jam, tv bapak ini sudah normal seperti barunya.., ciuiii..., tinggal bayarannya.., pak!!!.

                                                  semoga pengalaman pribadiku ini bisa membantu anda dalam perbaikan tv..

Top Populer

CARA MEMASANG POWER SUPPLY UNIVERSAL

Daftar Persamaan Transistor.

fungsi kapasitor pada rangkaian elektronik.

Cara Memperbaiki Penanak Nasi Magic Jar atau Magic Com

Kerusakan berbagai merk tv. (catatan dilapangan).

Cara Sederhana Membuat Robot.

CATATAN RINGAN SERVICE TV.

SERVIS SPEAKER AKTIF BERDENGUNG.

cara memasang gacun pada regulator tv.